;

Inilah Beberapa Fungsi Dari Laut Yang Belum anda Ketahui

Ternyata laut bukan hanya genangan air raksasa yang memisahkan antar pulau dan benua, tapi ada bermacam-macam manfaat laut yang sangat berguna bagi kehidupan,diantaranya yaitu:

1. Fungsi Laut Sebagai Sumber makanan

Laut yang memiliki banyak sumber daya alam memang merupakan salah satu sumber makanan bagi manusia.sepert ikan,udang rumput laut dan masih banyak lagi sumberdaya laut yang dapat di manfa’atkan sebagai sumber makanan,baik bagi manusia dan organisme lainnya.

laut sebagai sumber makanan
laut sebagai sumber makanan

 Inilah dia salah satu contoh fungsi laut sebagai sumber makanan, banyak jenis sumber makanan yang terdapat didalamnya, diantaranya yaitu organisme ikan

2. Fungsi Laut Sebagai tempat budidaya

Bila sebelumnya kita bisa mengambil atau mendapatkan makanan langsung dari laut, kita juga bisa menggunakan laut untuk membudidayakan makanan kita seperti ikan, rumput laut, atau bahkan kerang mutiara yang hasilnya bisa kita manfaatkan untuk perhiasan.

kerang Mutiara
kerang Mutiara

Sudah pada tau kan mutiara yang memiliki nilai sangat berhaga, ternyata sumber dari mutiara tersebut yakni berasal dari organisme laut yang sering disebut dengan kerang mutiara, 

3.Fungsi Laut Sebagai Transportasi

Laut bisa menjadi sebagai sarana transportasi antar pulau dan antar benua,banyak negara-negara di dunia yang memanfa’atkan laut sebagai sarana transportasi,seperti pengangkutan minyak oleh kapal tanker.

merak bakahuni
merak bakahuni
Ini dia salah satu pelabuhan yang menghubungkan antara pulau jawa menuju pulau sumatera ataupun sebaliknya, transportasi ini menggunakan laut sebagai jalur transportasinya......

4. Fungsi Laut Sebagai Tempat wisata

Pariwisata merupakan industri dengan pertumbuhan tercepat didunia (WTO, 2000), melibatkan 657 juta kunjungan wisata di tahun 1999 dengan US $ 455 Milyar penerimaan ke seluruh dunia. Apabila kondisi tetap stabil, pada tahun 2010 jumlah kunjungan antar negara ini diperkirakan meningkat mencapai 937 juta.

Wisata Bahari
Wisata Bahari
 Salah satu fungsi laut sebagai tempat pariwisata yakni banyaknya tempat-tempat di Bali yang dijadikan sebagai lokasi pariwisata, bahkan karena indahnya keanekaragaman hayati bawah laut di bali, sehingga bali dikenal sampai kemancanegara, dan bisa dikatekan bali sebagai surganya dunia dengan keindahan alam dan lautnya.

5. Fungsi Laut Sebagai Sumber mata pencaharian nelayan

Laut bisa menjadi tempat mata pencaharian. Manfaat laut yang satu ini sangat dirasakan oleh para nelayan, karena laut memiliki sumber daya alam yang melimpah dan dibutuhkan oleh banyak orang lain yang hidup jauh dari laut.

nelayan indonesia
nelayan indonesia


Terlihat digambar nelayan sedang memanfaatkan laut sebagai mata pencaharian sehari-harinya, yakni dengan melakukan kegiatan penangkapan, baik itu pangkapan ikan menggunakan alat tangkap tradisional, alat tangkap semi moderen dan alat tangkap moderen.

6.Fungsi Laut Sebagai Cadangan air bumi

Laut adalah cadangan air terbesar di bumi. Kita tentu sudah kenal dengan sungai, danau ataupun bendungan. Ketiga contoh itu adalah cadangan air kecil yang bisa cepat kering ketika musim kemarau datang. Laut, dengan massa air yang begitu melimpah ruah otomatis menjadi cadangan air terbesar yang hampit tak mungkin mengering. Manfaat laut yang satu ini pun sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup di bumi.
 
Bumi
Planet Bumi

Sudah pada tau kan, sebagian luas wilayah bumi itu dikuasai oleh lautan?? maksudnya luas lautan lebih luas daripada daratan, yakni luas daratan hanya 1/4 dari luas lautan.

7. Fungsi Laut Sebagai Tempat observasi para peneliti

Laut menjadi salah satu tempat observasi favorit bagi para peneliti.Hal ini dikarenakan laut memiliki begitu banyak kekayaan, mulai dari hewan, terumbu karang, sampai partikel-partikel terkecil yang ada di laut seperti gas atau mineral terlarut.
 
observasi laut
observasi laut

 Banyak yang mengatakan  bahwa laut adalah harta karun yang terbesar, karena banyak nya hal-hal yang belum diketahui oleh manusia tentang isi lautan, oleh karena itu banyak keguatan yang dilakukan dalam rangka mengobservasi lautan.
8.Fungsi Laut Sebagai Sumber pembangkit listrik

plta
PLTA

Manfaat laut yang juga cukup penting bagi kehidupan manusia adalah sebagai sumber pembangkit listrik. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) ini mengandalkan aliran air laut, ombak dan pasang surutnya. Turbin-turbin yang dipasang akan berputar bila terkena aliran air laut yang cukup deras. Dari perputaran turbin inilah akhirnya dihasilkan listrik yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

  Itulah Fungsi laut yang patut kita ketahui.Di dalam laut ada begitu banyak sumber daya alam yang sangat berguna. Laut pun menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup manusia. Jadi, sudah sepatutnya kita menjaga laut agar tetap bersih,terawat dan tidak tercemar .Semua ini agar manfaat laut bisa terus kita rasakan.Mengingat laut merupakan warisan umat manusia, dimana pada wilayah tertentu setiap manusia berhak menikmati kekayaan yang terkandung di dalam laut



3 Komentar untuk "Inilah Beberapa Fungsi Dari Laut Yang Belum anda Ketahui"

  1. @zane pedia

    ada info lain nya juga gan .he
    pada asyik asyik tuh postingan nya

    BalasHapus
  2. @JAPAR SIDIKmaksih gan atas penilaiannya, saya akan berusaha untuk membuat artikel-artikel lain yang menarik di blog zanepedia ini.

    BalasHapus

TrendingMore

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel