;

Apakah Setiap Proyek atau Kegiatan Manusia Akan Memberikan Dampak ?



Ya, setiap proyek ataupun kegiatan manusia akan memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar,  benturan antara kepentingan manusia dan kepentingan lingkungan akan terjadi pada setiap kegiatan ataupun proyek yang dilakukan oleh manusia. Dampak dari adanya suatu kegiatan pada lingkungantertentu akan memberikan dampak positif maupun memberikan dampak negatif.

ekosistem lingkungan
ekosistem lingkungan


Gambar 1. Kondisi alami lingkungan dasar yang belum dilakukan kegiatan



Sebagai contoh jika terdapat suatu daerah enpromental base line yang memiliki keanekaragaman mahluk-mahluk hidup, baik itu flora ataupun fauna seperti keanekaragaman ekosistem tumbuhan yang didalamnya terdapat berbagai macam jenis hewan seperti burung-burung, semut, monyet, rusa, dll, jika suatu waktu seiring bertambahnya waktu dan perkembangan akan diadakan kegiatan pembangunan proyek sebuah pabrik kelapa sawit di lokasi tersebut, maka secara otomatis sebelum kegiatan pembangunan pabrik kelapa sawit tersebut, maka perlu terlebih dahulu dilakukan kegiatan penebangan pohon-pohon, pembersihan lahan, kemudian jika tanah di lokasi pembangunan atau kegiatan pabrik kelapa sawit tersebut labil atau berupa tanah gambut maka haruslah dilakukan peniumbunan agar tanah tersebut menjadi tahan untuk dilakukan pembangunan pabrik kelapa sawit.
Adanya kegiatan tersebut maka akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan, karena dengan tidak adanya lagi jenis tumbuhan vegetasi tanah seperti pohon-pohon dan rerumputan akibat pembersihal lahan tadi, maka akan memberikan dampak negatif, seperti akan berkurangnya keanekaragaman mahluk hidup yang ada,  akan meningkatkan suhu karena tidak adanya pepohonan yang berfungsi sebagai pelindung, berkurangnya oksigen, hilangnya daerah tangkapan air, akibatnya akan terjadinya kebanjiran ketika musim penghujan dan kekeringan ketika musim kemarau. Dampak dampak tersebut dikategorikan sebagai dampak negatif dari adanya kegiatan atau proyek.


pabrik PKS
Pabrik Kelapa Sawit


Gambar 2. Kondisi lingkungan yang telah dilakukan kegiatan pembangunan



Sedangkan dampak positif dengan adanya setiap proyek atau kegiatan di suatu lingkungan adalah dengan adanya kegiatan pembangunan pabrik kelapa sawit tersebut maka akan memberikan dampak positif di bidang ekonomi kepada masyarakat setempat yang berada disekitar pabrik kelpa sawit itu, seperti misalnya akan menambah penghasilan penduduk, dengan cara bekerja pada pabrik kelapa sawit itu, membuka lowongan kerja baru, memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat dengan cara membuka warung-warung dan kedai makanan dan minuman di sekitar pabrik, dan yang terakhir memajukan daerah setempat.
Dengan adanya dampak positif dan negatif dari setiap proyek atau kegiatan tersebut, maka perlulah dilakukannya kajian Amdal sebelum dilakukannya setiap proyek atau kegiatan di lingkungan, dengan adanya kajian Amdal ini, maka diharapkan dapat memaksimalkan dampak positif dan meminimalisirkan sekecil mungkin dampaknegatif yang akan terjadi pada lingkungan yang akan dilakukan proyek atau pembangunan banguanan tertentu.






16 Komentar untuk "Apakah Setiap Proyek atau Kegiatan Manusia Akan Memberikan Dampak ?"

  1. Kalo tempat pembuangan limbahnya tepat ya tidak akan memberikan dampak yang buruk.

    BalasHapus
  2. Kegiatan proyesk pasti akan ada dampaknya dan merugikan salah satu hal.

    BalasHapus
  3. Perlu banyak yang di pertimbangkan kalo mau bikin proyek di suatu tempat.

    BalasHapus
  4. Artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  5. @Obat herbal penyakit hiv aids jika pabrik tersebut sudah memiliki tempat pembuangan limbah (IPAL), maka dampak buruk kelingkungan akan dapat diminimalisirkan sekecil mungkin gan...IPAL itu merupakan salah satu upaya untuk meminimalisirkan kerusakan lingkungan akibat limbah pabrik....

    BalasHapus
  6. @Obat herbal penyakit jantung iya gan, tapi dampak yang merugikan (negatif) itu dapat diminimalisirkan kox......

    BalasHapus
  7. @Obat herbal nyeri sendi yang wajib dipertimbangkan yakni izin lingkungan gan (Amdal)

    BalasHapus
  8. Kunjungan sore gan..
    makasih udah berbagi informasi sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  9. ya pastinya begitu. namun kita sebagai manusia yg berfikir, setiap melakukan sesuatu harus memikirkan dampaknya apa,, apakah postif untuk org lain atau tidak.

    tergantun individu masing2.

    Kunbal yah sob ^_^

    BalasHapus
  10. Setiapproyek jelas akan berdampak lingkungan.Karena itulah pemerintah membuat aturan-aturan yang menyangkut pembangunan proyek. Jangan sampai proyek dikerjakan secara sembarangan karena akan menghancurkan diri kita sendiri di kemudian hari.

    BalasHapus
  11. widih makin anyar aja nih update an nya percaya deh gx copas :D... sekali kali bisa mampir ke halam ane gan ya cuma liat liat doang sekalian beri penilaiannya :D...

    BalasHapus
  12. izin berkunjung nih gan liat" postingan punya agan.. sangat menarik nih.. hebat banget dalam ngerangkai kata"nya jago... salut ane..

    BalasHapus
  13. pasti akan soalnya rata rata tempatnya itu dari lahan pertanian atau pun perkebunan yang dijadikan sebagai perumahan ataupun apa yang dapat merusak lingkungan

    BalasHapus
  14. Apapun yang dikerjakan oleh manusia pasti akan berdampak pada lingkungan, dan yang pasti hal itu akan merusak, baik sedikit atau banyak

    BalasHapus
  15. ijin share ya gan... moga aja bermanfaat buat sobat netter yang lainya

    BalasHapus

TrendingMore

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel