;

Danau Tempe


Danau Tempe merupakan salah satu danau di Sulawesi Selatan yang termasuk tipe danau paparan banjir dengan letak geografis Danau Tempe pada kordinat antara 3º39’ – 4º16, LS dan 119º 53’ – 120º 27’BT. Danau Tempe yang mempunyai Luas 14.406 hektar, terletak di tiga wilayah kabupaten: Wajo (8.510 ha), Soppeng (3.000 ha), Sidrap (2.896 ha). Pada musim hujan luas Danau Tempe sekitar 45.000 ha, musim kemarau sekitar 1.000 ha (Unru, 2010).

Danau Tempe
Danau Tempe

Umumnya Danau Tempe lebih dikenal terletak di Kabupaten Wajo karena wilayah terluas berada di wilayah ini, utamanya wilayah Kecamatan Tempe dimana Ibukota Kabupaten Wajo berada, serta wilayah tiga kecamatan lainnya yaitu Belawa, Tanasitolo dan Sabbangparu. Sedangkan wilayah lain dari Danau Tempe berada di Kabupaten Soppeng dan Sidrap. Hal ini dapat dilihat pada data Bappedal (1999) bahwa Danau Tempe menempati tiga wilayah kabupaten dengan tujuh kecamatan. Bagian danau terluas terletak pada Kabupaten Wajo yang terdiri empat kecamatan yaitu Kecamatan Tempe, Sabbangparu, Tanasitolo dan Belawa. Kabupaten Soppeng dua kecamatan yakni Kecamatan Marioriawa dan Donri Donri, dan bagian yang tersempit adalah Kabupaten Sidrap dengan satu kecamatan yaitu Kecamatan Pancalautan. Danau Tempe berhubungan dengan dua danau lain yaitu Danau Sidenreng di Kabupaten Sidrap dan Danau Buaya di Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo. Ketiga danau ini bersatu membentuk satu luasan perairan yang luas pada musim hujan dan dapat menutupi pemukiman masyarakat pada tiga kabupaten (Yusuf, 2011).


Daftar Pustaka 

Bappedal. 1999. Penataan Aktivitas Masyarakat Dalam Rangka Pengendalian Kerusakan Dan Pemulihan Lingkungan Perairan Danau Tempe, Sulawesi Selatan. Draf. Laporan Akhir Bappedal Regional III. Kabupaten Wajo.


Unru, A.B. 2010. Pengelolaan Sumber Daya Ikan di Danau Tempe. Dinas Kelautan dan PerikananKabupaten Wajo. Kabupaten Wajo.

Yusuf , M. 2011. http://www.kondisi-umum-danau-tempe dapus.html. [diakses pada hari Selasa, 19 Juli 2011].


5 Komentar untuk "Danau Tempe"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    BalasHapus
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    BalasHapus
  3. waaw.. baru tahu ane tentang danau tempe..
    informasi yang akurat karena di cantumkan sumbernya. nice info gan..

    BalasHapus
  4. kira2 butuh berapa duit ya dari surabaya :-?

    BalasHapus

TrendingMore

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel