;

Cara Mengukur Fosfat di Perairan


Cara Mengukur Fosfat di Perairan bisa dilakukan dengan mengambil sampel air dari suatu perairan yang akan di analisis kandungan fosfatnya.  sebelum saya menuliskan artikel mengenai Cara Mengukur Fosfat di Perairan ini ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu apa itu sebenarnya fosfat.

Wikipedia (2013) menyebutkan bahwa fosfat adalah unsur dalam suatu batuan beku (apatit) atau sedimen dengan kandungan fosfor ekonomis. Biasanya, kandungan fosfor dinyatakan sebagai bone phosphate of lime (BPL) atau triphosphate of lime (TPL), atau berdasarkan kandungan P2O5. Fosfat apatit termasuk fosfat primer karena gugusan oksida fosfatnya terdapat dalam mineral apatit (Ca10(PO4)6.F2) yang terbentuk selama proses pembekuan magma. Kadang kadang, endapan fosfat berasosiasi dengan batuan beku alkali kompleks, terutama karbonit kompleks dan sienit.

setelah mengetahui apa itu Fosfat, sekarang kita akan kembali pada inti topik artikel yang saya buat ini yaitu "Cara Mengukur Fosfat di Perairan",  dengan mengetahu  Cara Mengukur Fosfat di Perairan, maka dapat diketahui berapa besar atau kecil kandungan fosfat yang terdapat disuatu perairan. mengukur kandungan fosfat diperairan sangatlah mudah, anda tinggal mengambil sampel air dari suatu perairan yang akan diukur kandungan fosfatnya, setelah itu ikuti langkah-langkah berikut yakni  Cara Mengukur Fosfat di Perairan / Cara Mengukur Fosfat di Perairan.




Cara Mengukur Fosfat di Perairan atau Mengukur Fosfat di Perairan :

1. ambil air sampel sebanyak 25-50 ml.

pengambilan sampel
pengambilan sampel sebanyak 25 ml

2. saring air tadi dengan menggunakan kertas milipore.

kertas milipore

3. ambil air sampel yang telah disaring sebanyak 25 ml dan masukkan kedalam testube. Pengambilan air ini menggunakan pipet tetes.
4. tambahkan 1 ml Ammoniummolybdate , dan aduk. ( air sampel akan berubah warna)
5. kemudian sampel dianalisis menggunakan Spectro fotometer.
spectrofotometer
spectrofotometer


Proses Penggunaan Alat Spectrofotometer untuk mengukur kandungan Fosfat

  • ·         Alat terlebih dahulu dikalibrasi untuk mendapatkan hasil analisis yang akurat
·                                        Caranya dengan memasukkan larutan air aquades ke wadah Alat Spectrofotometer .

  • ·         Tunggu hingga proses kalibrasi selesai.
  • ·  Setelah proses kalibrasi alat selesai, kemudian ambil sampel yang telah di beri 1 ml   Ammoniummolybdate tadi dan masukkan kedalam alat  Spectrofotometer, tunggu hingga hasil analisis dari alat Spectrofotometer selesai.
  •  Setelah selesai, maka akan ada angka hasil analisis, maka itulah nilai kandungan fosfat yang terdapat diperairan tempat sampel air tadi diambil.


Catatan : ===> setelah sampel diberi larutan Ammoniummolybdate, paling lama 10-12      menit harus sudah dianalisis.

=====> perubahan warna mengidentifikasikan sebagai tingkat kesuburan perairan tersebut.









Belum ada Komentar untuk "Cara Mengukur Fosfat di Perairan"

Posting Komentar

TrendingMore

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel